Resep Cara Membuat Ketupat Lebaran untuk sajian Opor Ayam Lebaran

Resep Cara Membuat Ketupat Lebaran untuk sajian Opor Ayam Lebaran – Bagi ibu-ibu, kakak, atau tante yang sedang mencari resep ketupat lebaran, admin harianterbaru.com kali ini akan berbagai resep bagaimana cara membuat ketupat lebaran yang lebih istimewa dan lebih gurih.

Jika anda sudah merasa dengan moden atau rasa ketupat biasa, Anda bisa mencoba membuat ketupat yang dimasak dengan santan ini untuk Lebaran nanti. Rasanya lebih pulen dan gurih. Sajikan dengan lauk-pauk yang pedas dan gurih, berkuah dan kering agar rasanya makin lezat dan sedap!

Resep Cara Membuat Ketupat Lebaran
Resep Cara Membuat Ketupat Lebaran

Bahan Resep Cara Membuat Ketupat Lebaran:

700 g beras, cuci, tiriskan
100 g beras ketan, cuci, tiriskan
20 buah kulit ketupat
3 liter santan dari 2 butir kelapa parut
1 sdm garam

Cara Membuat Ketupat Lebaran:

# Isi setiap kulit ketupat dengan beras setinggi 1/3 bagian. Taruh dalam panci.
# Tuangi santan dan garam hingga ketupat terendam.
# Rebus ketupat di atas api sedang hingga matang selama 3 jam sampai santan mengering dan berminyak. Tambahkan air panas jika perlu.
# Jika santan hampir habis meresap, aduk-aduk terus hingga ketupat kering.
# Angkat, biarkan uapnya hilang. Gantung ketupat hingga dingin.
# Sajikan untuk 20 buah.

Ketupat juga bisa dimasak dengan panci bertekanan (pressure cooker). Taruh ketupat yang sudah diisi, santan dan garam dalam panci bertekanan. Masak hingga mendidih atau berdesis. Hitung waktunya selama 30 menit. Matikan api dan jika kuah santan masih cukup banyak, masak terus tanpa menutup panci hingga kuah kental/mongering.

Semoga sajian “Resep Cara Membuat Ketupat Lebaran untuk sajian Opor Ayam Lebaran” tersebut dapat membantu membuat kreasi makanan atau masakan menjelang lebaran ini. Jika ingin belajar membuat kue, kami sudah pernah menulis Resep Kue Kering Lebaran Nastar dan Resep Kue Kering Lebaran Kastengel Renyah.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *