Menjajal ‘Senjata Canggih’ Terios Terbaru, Ada Empat Kamera

Harian Terbaru – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi meluncurkan All New Terios pada November 2017 tahun lalu. Untuk ubahannya tentu sangat signifikan mulai dari eksterior, interior, mesin sampai penanaman fitur-fitur terbaru yang bisa dikatakan canggih.

Nah, untuk merasakan sensasi berkendara Terios generasi kedua ini, VIVA mendapat kesempatan menjajalnya langsung keliling Padang, Sumatera Barat, 11-12 Januari 2018. Sebelum merasakan Low Sport Utility Vehicle (SUV) ini, kami tertarik mencoba fitur terbarunya yakni, kamera 360 derajat.

Seperti diketahui, kamera yang berfungsi untuk memudahkan saat parkir ini bernama around view monitor yang sama dengan fitur bird eyes milik Nissan X-Trail. Di Terios cara pengoperasiannya cukup mudah, kami hanya perlu memindahkan tuas transmisi dalam posisi R atau mundur.

Jika sudah begitu, nanti dalam layar monitor head unit terpampang jelas dua gambar, yang sisi kiri tampilannya 360 derajat dan sisi kanan mereview tampilan belakang. Hal ini bisa dilakukan karena, setiap sisi Low SUV ini ditanamkan kamera, mulai dari spion kanan kiri dan bumper depan belakang.

Priyo Wisaksono, Product 1 and 2 Dept Head Marketing Product Planning Division PT ADM, mengatakan, untuk kamera 360 derajat di Terios baru ini ada empat di spion kanan kiri, dan bumper depan belakang. Kata dia, kamera itu berfungsi hanya saat memindahkan gigi mundur atau dalam posisi R.

“Nantinya di head unit otomatis tampil dan view gambarnya di bagi dua, sebelah kanannya mundur sebelah kiri 360 derajat. Untuk tampilan sebelah kanan itu bisa di swicth ke tampilan gambar kamera sebelah kiri. Tinggal tekan tombol saja, jadi kamera belakang pindahkan ke kiri saja,” katanya.

Ya, saat kami coba tampilan gambar pada layar di sisi kanan akam berubah jika menekan tombol around view monitor yang letaknya di sebelah kanan setir tepat di samping tombol front sensor dan tombol Vehicle Stability Control.

Lanjut dia, kenapa pindah kameranya hanya dari belakang ke kiri, karena untuk membantu pengemudi kalau parkir sebelah kiri dan terlalu mepet. “Jika transmisi sudah pindah ke D otomatis tampilan layar di head unit kamera viewnya tampilan depan. Nah, tampilan kamera itu akan mati selama 20 detik,” tuturnya.

Admin Harian Terbaru

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*