Bukan Bill Gates, Ini Dia Orang Terkaya Sepanjang Sejarah

Harian Terbaru – Selama ini banyak kita dengar bahwa orang terkaya di dunia, adalah Bill Gates, Warren Buffet, dan John D. Rockefeller. Tapi fakta berikut menggeser nama-nama itu.

Seperti dilansir dari laman Independent, orang terkaya di dunia sepanjang sejarah adalah Mansa Musa I dari Mali, raja Afrika abad ke-14. Dengan menyesuaikan tingkat inflasi, kekayaan Mansa Musa I tercatat sebesar US$400 miliar atau setara Rp5,4 kuadriliun. Ada yang menyebutkan bahwa kekayaan dengan angka di atas triliun itu bernilai tak terhingga.

Jumlah kekayaan itu jauh lebih unggul dibanding milik orang paling kaya di dunia saat ini, Carlos Slim, dengan jumlah US$68 miliar setara Rp912 triliun.

Daftar yang disusun oleh situs Celebrity Net Worth, memberi peringkat 24 orang terkaya di dunia sepanjang masa. Daftar ini dirangkum dari 1000 tahun terakhir dengan aspek kekayaan yang konsisten sepanjang sejarah.

Namun, dari semua daftar itu, tidak ada perempuan yang masuk, hanya tiga anggota yang masih hidup hingga hari ini, dan peraih 14 teratas adalah orang Amerika.

Mansa Musa I yang memerintah Kekaisaran Malian Afrika Barat pada awal tahun 1300-an, membuat keberuntungannya dengan memanfaatkan produksi garam dan emas negaranya. Banyak masjid yang dibangunnya saat masih muda.

Setelah kematian Mansa Musa I pada tahun 1331, ahli warisnya tidak dapat bertahan dengan nasib baik. Hartanya habis oleh perang sipil dan tentara yang menyerang.

Sementara itu, peringkat kedua dalam daftar itu adalah keluarga Rothschild, yang keturunannya masih termasuk orang terkaya di planet ini. Berawal dari bisnis perbankan pada akhir abad 18, Mayer Amschel Rothschild berhasil mengumpulkan total kekayaan sebesar US$350 miliar. Uang itu kemudian dibagi pada ratusan keturunannya. Banyak di antaranya adalah pemimpin bisnis hingga saat ini.

John D. Rockefeller, merupakan peringkat ketiga dalam daftar tersebut dengan kekayaan $US340 miliar hingga saat kematiannya pada tahun 1937.

Sebagai perbandingan, pria termiskin dalam daftar tersebut adalah Warren Buffett 82 tahun, yang pada tingkat kekayaan puncaknya, sebelum dia mulai memberikan kekayaannya untuk amal, adalah US$64 miliar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*